Kamis, 05 Juli 2012

rpp Struktur atom 2

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
STRUKTUR ATOM - 2
(KONFIGURASI ELEKTRON DAN SISTEM PERIODIK UNSUR)

Nama Sekolah           :  SMA
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  XI IPA / 1
Standar Kompetensi :  1.      Memahami struktur atom untuk meramalkan  sifat-sifat                    periodik unsur, struktur molekul, dan sifat sifat senyawa.
Kompetensi dasar     :  1.1.   Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk             menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta                       menentukan letak unsur dalam tabel periodik.

Indikator Pencapaian Kompetensi: 
1.      Menggunakan azas larangan Pauli, prisip aufbau, dan aturan Hund untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital.
2.      Menghubungkan konfigurasi elektron  suatu unsur dengan letaknya dalam tabel periodik.

Tujuan:
     Siswa dapat,
1.      Menuliskan konfigurasi elektron menurut teori atom mekanika kuantum.
2.      Menuliskan diagram orbital
3.      Menentukan letak unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektronnya atau sebaliknya.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

Materi Ajar: 
Konfigurasi elektron menurut teori atom mekanika kuantum.
Hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik.

Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Diskusi
  • Penugasan

Alokasi Waktu
2  Jam pelajaran (1 x pertemuan)
Strategi Pembelajaran

Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami struktur atom dan meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul dan dan sifat-sifat senyawa
·        Berlatih menentukan penulisan konfigurasi elektron dan letak unsur dalam tabel periodik.
·        Siswa dapat Menjelaskan teori atom bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.


Skenario Pembelajaran
Kegiatan awal
o   Salam pembuka
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas konfigurasi elektron sesuai dengan LKS 1.5. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik sesuai dengan LKS 1.6. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan aturan-aturan penulisan konfigurasi elektron. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menyimpulkan hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.7 dan 1.8). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Alat / Bahan / Sumber Belajar : 
      Buku Kimia; LKS, multimedia.

Penilaian: PPK
          

                                                                                                 Surabaya,     Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMA                                                                           Guru Mata Pelajaran



_____________________                                                       _______________________
NIP.                                                                                         NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar